Dunia balap mobil saat ini sudah banyak yang tahu, pemenang balap mobil diukur dari kecepatannya bagaimana sang pengendara mengendarai mobilnya secepat mungkin tetapi tetap stabil di dalam arena. Jika sang pengendara melewati arena maka dianggap gugur dalam suatu perlombaan balap mobil. Namun tahukan kamu asal muasal kisah balap mobil pertama didunia? Berikut penjelasannya.

Sejarah balap mobil

Menurut sejarah, pada saat 11 Juni 1895 balap mobil pertama didunia telah dilangsungkan. Balap mobil ini berlangsung dengan perkembangan mobil dalam tahap tekhnologi dan juga kecepatan mobil balap. Keberadaan mobil balap sudah memenuhi area jalanan karna saat itu mobil sudah diciptakan pada tahun 1850-an.

Pada tahun 1850 jalan raya sudah terhubung dari satu kota ke kota lainnya sehingga ada beberapa masyarakat yang menguji coba mobilnya lewat jalanan penghubung tersebut. Adapun tujuannya ialah mengukur kecepatan mobil.

Pada saat itu, sang pencipta mobil diharuskan dan diwajibkan untuk mengembangkan mobil yang telah di ciptakannya agar memiliki tekhnologi maju dan futuristik agar bisa mencapai kecepatan yang dimaksimalkan.

Sang penyelenggara adu cepat mobil ialah Emile Levassor yang memimpin. Levassot mempunyai toko mesin terbesar di negara paris pada tahun 1887. Dia bekerja sama dengan temannya yaitu Edouard Sarazin untuk membuat mobil jerman Daimler dan berhasil melakukannya.

Pada tahun 1891, mobil yang telah diciptakan Levassot yang bekerja sama dengan temannya Edouard di produksi yang berbeda dari mobil yang lainnya dan langsung menempatkan mobil ciptaannya berada didepan sasis nya. Warga paris saat itu berantusias terhadap mobil karna dijadikan untuk arena balap mobil.

Akhirnya arena balap pun dilakukan, sang pihak penyelenggara mengumumkan arena balap akan dilakukan ke seluruh penjuru negeri serta ikla-iklan dipasang dan juga pamflet perlombaan di tempel di seluruh sudut kota paris. Peraturan pertama dalam dunia balap diciptakan ialah tidak boleh mengirim mobil yang sama ke arena balap. Tujuannya agar mengetahui mobil mana yang memiliki kecepataan maksimal.

Balapan pertama dunia dilangsungkan!

Balap mobil pertama di dunia dilangsungkan pada 11 juni 1895 yang diikuti sekotar 30 peserta dari berbagai penjuru negara dengan menggunakan mobil-mobil terbaiknya berharap mendapat kejuaraan di arena balap pertama ini.

Jenis mobil yang mengikuti arena balap saat itu diambil dari Versailles terdiri dari steamer, Serpollet dan Bolles, Peugeot, Panhard, serta mobil-mobil yang saat itu masih bertenaga listrik lainnya.

Perlombaan arena mobil pertama didunia saat itu di ungguli oleh Paris-Bordeaux-Paris yang pada waktu itu menggunakan tekhnologi otomotif. Emile Levassor yang mengendarai mobil Panhard telah memimpin jalannya arena perlombaan mobil pertama didunia.

Dengan berkapasitas sekitar 1.205cc mobil Panhard berhasil meungguli dan menyusul pembalap-pembalap lainnya yang telah mengikuti lomba tersebut. Levassor sang pengendara telah memimpin arena perlombaan dan berhenti secara teratur untuk memeriksa komponen mobilnya jikala ada yang rusak segera diperbaiki untuk melangsungkan perlombaan tersebut. Mobil-mobil yang mengikuti perlombaan arena balap mobil pada saat itu melaju dengan kecepatan rata-rata masih 24 kilometer per jam karna tekhnologi dan mesin didalam mobil belum ada perkembangan.

sang pemenang arena balap mobil pertama di dunia.

Emile levassor yang mengungguli arena balap mobil berhasil mengendarai mobilnya dan telah mecapai garis finish balap dalam kurun waktu 48 jam atau 2 hari, jauh mengalahkan lawan-lawannya yang saat itu masih berada dibelakang Levassor.

Akan tetapi, sang pengendara mobil Parnhard yaitu Emile Levassor telah gagal mendapatkan kemenangannya karena telah adanya kesepakatan dari awal. Dengan berat hati, Levassor harus merelakan kemenangannya yang telah ia perjuangkan dengan pembalap lain yang ketika itu mencapai garis finish arena balap dalam urutan ketiga, ialah pembalap Paul Koechlin yang mengendarai mobil Peugeot.

Paul Koechlin memegang kemenangan yang telah direlakan sang pengendara mobil Parnhard yaitu Levassor, ia berhasil memenangkan arena balap pertama di dunia karena memiliki kursi empat penumpang dalam mobilnya, dan mobil yang di kendarai Levassor saat itu hanya bermuat dua penumpang yang tidak sesuai dengan aturan pertama arena balap didunia dilangsungkan.

Pada abad-abad berikutnya, arena balap dunia telah berkembang menjadi sirkuit balap motor Grand Prix yang telah dikenal dengan Formula Satu (F1) dengan menggunakan kendaraan yang tentu nya canggih serta memiliki mesin yang jauh lebih modern.