Jika sebelumnya kami sudah membahas beberapa Mobil Balapan jenis offroad, maka kali ini bagi kalian selaku pecinta Film dan otomotif pasti sudah pernah menonton Ford V Ferrari di Bioskop. Dimana untuk film ini sendiri sudah menceritakan langsung adanya perjuangan Ken Miles yang diperankan oleh Christian Bale dan juga Carroll Shelby yang diperankan oleh Matt Damon. Yang mana mampu untuk memenangkan Ford di balapan paling Prestisius yang ada di dunia yakni 24 Hours Le Mans dan pada saat itu sudah dirajai oleh Ferrari. 

Film ini sendiri sudah diangkat langsung dari Kisah nyata mengenai kisah dari Ken Miles pada balapan Le Mans pada tahun 1966.. Walaupun tangkasnet sudah diangkat langsung dari kisah nyata, namun masih ada bumbu-bumbu yang berupa adegan tambahan yang sudah diberikan agar film yang disajikan ini semakin menarik lagi. 

Nah di bawah ini menurut sumber IDN Times, sudah memberikan adanya beberapa adegan yang menjadi fakta atas diangkatnya kisah nyata dari Film tersebut. Sekiranya apakah ini menjadi adegan dramatis dalam film tersebut ? untuk itu kalian bisa melihat beberapa daftar yang ada di bawah ini yang sudah mengandung Spoiler sehingga kalian alangkah lebih baiknya untuk menonton filmnya terlebih dahulu. 

Adegan 3 Mobil Ford Memasuki Garis Finish dengan Beriringan 

-) Adegan ini menjadi Fakta 

Jadi dalam film Ford V Ferrari sudah dikisahkan langsung bahwa Leo Beebe menjadi seorang Eksekutif Ford. dimana dirinya memerintahkan agar terdapat 3 Mobil Ford yang mana sudah memimpin pertandingan memasuki Garis Finish secara beriringan agar mereka bisa saja mendapatkan foto yang menarik dan bisa mencetak sejarah baru. Hal ini rupanya sudah benar-benar terjadi saat Le Mans pada tahun 1996, dimana ketiga Mobil Ford GT40 sudah berjalan beriringan yang memasuki Garis Finish dan bisa berhasil diabadikan menjadi sebuah foto yang sangat luar biasa. 

Ternyata Ken Miles Meninggal Akibat Kecelakaan 

-) Adegan ini menjadi bagian yang Fakta 

Pada Film Ford V Ferrari, ternyata Ken Miles ini sudah meninggal dunia di saat sedang melakukan Uji COba Mobil Ford terbaru pada sebuah Lintasan Balap. Ford J-Car ini sebagai sebuah prototipe penerus dari Ford GT MK II yang maan memenangkan balapan le Mans pada tahun 1996 sudah mengalami Kecelakaan di Sirkuit Riverside, Kawasan California pada bulan Agustus di tahun 1966. 

Rupanya mobil ini benar-benar tidak terkendali – lalu langsung berbelok – terbalik dan pada akhirnya Terbakar sehingga benar-benar menewaskan Miles. Hal ini sudah benar-benar terjadi di kisah nyata, Miles Ken ini benar-benar meninggal saat pengujian Mobil yang mana nantinya ini akan menjadi seri Ford GT40 MK IV. 

Mobil ini lantas saja dipasangkan dengan adanya tambahan Sebuah Roll Over Baja dalam menambahkan keamanan bagi pengendara yang kemudian setelah dirilis, kemudian mobil ini bisa saja memenangkan balapan Le Mans pada tahun 1967. Dan mobil ini bisa menjadi penghormatan terakhir bagi Ken Miles sang legenda balap. 

Rupanya Enzo Ferrari sudah Menolak Tawaran Henry Ford II 

-) Adegan ini sudah menjadi bagian Fakta 

Ada yang tahu akan hal ini ? dimana henry Ford II sudah berencana untuk membeli Ferrari di kala perusahaan tersebut sedang ada pada masa-masa Kesulitan Ekonomi. Layaknya yang ada di film-film, dimana Enzo Ferrari sudah menolak keras akan tawaran Ford dikarenakan dalam kontraknya divisi Balap Ferrari ini harus bisa tunduk kepada Ford yang mana menjadi strategi Ford agar kiranya Ferrari ini tidak lagi merajai Le Mans. enzo sendiri akhirnya menolak keras tawaran Ford dan pada akhirnya Meninggalkan Perwakilan Ford yang langsung saja datang ke Kantor Ferrari sambil mengajak makan Sekretaris pribadinya itu. 

Seorang Ken Miles sudah Menjadi Juara Kedua akibat Faktor Teknis 

-) Adegan ini sudah menjadi bagian Fakta 

Jadi dalam Film Ford V Ferrari ini, Mobil Ken Miles sudah beriringan dengan Mobil yang langsung ditunggangi oleh Bruce McLaren di saat memasuki Garis Finish. Namun dari sini pihak penyelenggara Balapan sudah menobatkan Bruce McLaren yang menjadi juara pertama. Bukan Ken Miles maupun Draw. hal ini sudah diakibatkan oleh Posisi Start Mobil McLaren sudah berada dengan jarak 8 meter di belakang Mobil Miles sehingga jika sudah memasuki Garis Finish ini bersamaan maka McLaren dianggap sudah memiliki jarak tempuh jauh lebih banyak dibandingkan dengan Ken Miles. Dan disini Miles dan juga Shelby sudah sempat kecewa akan keputusan yang satu ini. 

Lalu pada balapan Le Mans di tahun 1966 yang mana hal ini memang sudah benar-benar terjadi. Nah disini McLaren juga sudah dinobatkan menjadi juara dan juga Miles di tempat kedua akibat adanya Faktor dari Teknis jarak tempuh menurut dari penyelenggara yang ada. 

Hal ini memang sebenarnya masih menjadi perdebatan selama puluhan tahun oleh berbagai pihak dikarenakan masih mempertanyakan apa yang memang sebenarnya terjadi di garis finish Le Mans pada kala iyu. Dikarenakan Foto dari Ford ini memang sudah menunjukan bahwa Mobil McLaren sudah berada sedikit di depan dari Mobile Miles. 

Namu dari beberapa pihak yang sudah setuju aturan dari jarak tempuh yang memang menyebabkan Miles pada akhirnya kalah. Mengatakan juga bahwa foto tersebut sudah dijepret dan bukan pada saat balapan sudah selesai. Walaupun begitu, ada beberapa diantara mereka ini menganggap bahwa balapan sudah dinyatakan selesai saat jam di Le Mans sudah sampai pada pukul 4 Sore yang mana Miles dan McLaren memang sudah benar-benar beriringan. 

Adapun yang mengatakan bahwa McLaren ini secara sengaja menginjak gas di saat akan memasuki Finish dan bisa membuat Miles ini merasa kesal akibat dirinya tidak mengikuti perintah dari Ford untuk bisa berjalan beriringan. Meskipun begitu, mau gimana juga Miles tetap saja dinyatakan sebagai Juara Kedua dalam Le Mans pada tahun 1966. 

Adegan Rekayasa dari Ford V Ferrari 

Dari beberapa adegan fakta dalam dunia Mobil Balap, rupanya masih diisi oleh beberapa adegan rekayasa yang nyata seperti halnya : 

1) Enzo Ferrari menghadiri Le Mans di tahun 1966 dan ini menjadi sebuah adegan rekayasa yang ada. Yang menjadi fakta justru Enzo Ferrari ini tidak pernah meninggalkan Italia setelah mencapai tahun 1950, terlebih lagi di saat putranya Alfredino meninggal dunia pada tahun 1956. 

2) Terdapat Adegan Berkelahi antara Miles dan Shelby menjadi rekayasa nyata. Sebenarnya ini menjadi pemanis saja dalam adegan di Ford V Ferrari. 

3) Rupanya Miles tidak diizinkan ikut Le Mans pada tahun 1966 oleh Ford menjadi rekayasa. Sampai pada Shelby mengajak Henry Ford II sudah mencoba Ford GT40 menjadi adegan rekayasa juga.