Bagi beberapa orang pasti tahu seputar balapan mobil kendaraan roda empat ini yang amat populer di dunia otomotif, yakni Formula One, balapan bergengsi yang telah mendunia ini ,tentu saja mempunyai sejarah atau permulaan di adakannya ajang balapan ini. berikut ini adalah perjalanan Formula One dari awal sampai sekarang.

Sejarah Di Mulai Nya Formula One

Formula One, atau biasa disingkat F1 yakni adalah singkatan dari (The FIA Formula One World Championship),adalah suatu kelas balapan mobil formula di tempat duduk tunggal yang tertinggi. Yang terdiri dari sejumlah seri balapan yang sering dikenal dengan istilah Grand Prix, Balapan di selenggarakan di dalam sejenis sirkuit atau jalan umum di dalam kota yang diutup untuk warga umum. Dimana untuk menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Pada balapan mobil balap F1 ini bisa mencapai kecepatan hingga 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 tenaga kuda pada putaran yang di hasilkan mesin sekita 18.000 rpm (per 2005).

Aturan main F1 diatur oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) , yang bermarkas di Place de la Concorde, di Paris. Presiden F1 yang sekarang adalah Max Mosley, dan di sponsori dan diatur oleh pemegang hak resmi Bernie Eccle Stone melalu berbagai perusahaan nya.

Di Indonesia, F1 pernah ditayangkan di TVRI dari tahun 1963-1997, selanjutnya di RCTI dari tahun 1998 – 2000, di TPI dari tahun 2001 – 2004 dan di Global TV dari 2005 – Sekarang.

Sesi Formula One bermula pada seri grand prix motor Eropa sekitar tahun 1920-an dan 1930-an, Sejumlah organisasi balap Grand Prix menciptakan sejumlah aturan untuk Kejuaraan Dunia sebelum Perang Dunia ke 2. Dengan menggunakan alasan penundaan karena perang,Kejuaraan dunia pembala sampai tidak di formalkan sampai tahun 1947 sehingga berlangsung pertama kalinya pada tahun 1950. Kemudian menyusul dengan adanya Kejuaraan agen sbobet dunia konstruktor yang di adakan pada tahun 1958. Balapan F1 tanpa gelar di adakan sampai bertahun-tahun,akan tetapi tidak berlangsung lama karena membengkak nya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini harus berakhir pada awal tahun 1980-an.

Awal Kompetisi F1

Gelar juara dunia F1 pertama kali dimenangkan oleh pembalap Italia bernama Giuseppe Farina pada tahun 1950,dengan mengalahkan rekan nya sendiri, yakni pembalap Argentina Juan Manuel Fangio, Akan tetapi ,Fangio berhasil memenangkan gelar juara dunia di tahun 1951 dan sampai empat kali menang pada enam tahun berikut nya. Fangio kemudian menjadi legenda yang mendominasi kejuaran dunia pertama dalam persaingan mobil balap F1.

Pemenang Kejuaran dunia dari Britania Raya yang pertama yaitu Mike Hawthorn, yang mengendarai mobil Ferrari nya berhasil mendapatkan gelar juara pada tahun 1958.

Kepopuleran Formula One Di Tahun 2019

F1 di tahun 2019 ini tak lagi menjadi tontonan balapan nomor 1 di indonesia. Balapan mobil terkencang di dunia ini, yang sempat merajai layar kaca, dan balapan nya selalu ramai di tonton kini terancam tidak populer lagi. Pamor F1 saat ini kalah dengan balapan MotoGP

F1 sekarang ini terlalu bergantung terhadap keunggulan teknologi, Hasilnya,pemenang nya hanya tim-tim tertentu yang memiliki pengalaman dan kebutuhan sumber daya yang memumpuni, Skill dari pembalap bukan lah faktor utama dalam persaingan saat ini. Ucap Seorang Adhyaksa seorang penggemar F1

Misal nya hanya tim sepeti Ferrari,Redbull,dan Merced, itu menang terus. Berbeda dengan MotoGP yang persaingan nya lebih seru ucapnya.jika saja ada pesaing baru itu lebih membuat menantang nya kejuaraan F1 ini.

Menurunnya popularitas F1 juga dipengaruhi dengan beralihnya penayangan olahraga ini dari TV secara gratis jadi harus menonton nya lewat TV berlangganan.Hal ini lah yang menyebabka masyarakat umum menjadi susah untuk mengakses tayanga F1.Akibatnya pasar F1 semakin menyempit dan kebanyakan hanya di tonton yang membayar langganan saja.

Seperti itu lah sejarah F1 dari dulu hingga sekarang mulai redup di kalangan generasi muda sekarang di karenakan sudah tidak sering di tayangkan seperti dulu. Semoga kedepan nya F1 meningkatkan pamor nya lagi agar tidak tenggelam dengan kejuaran sport lain nya.