Sejarah yang sudah tercatat balap mobil yang pertama kali yang ada di dunia digelar pada tanggal 11 juni 1895. Kisah ini itu bermula ketika balap mobil ini tidak bisa untuk dilepaskan dari perjalanan pada perkembangan teknologi, tetapi juga pada kecepatannya itu.

Pada tahun 1850-an keberadaan mobil sudah mulai memenuhi jalanan yang ada di Eropa. Ketika pada saat itu jalan raya sudah mulai terhubung dari satu kota ke satu kota yang lainnya, ada juga sebuah gagasan yang untuk mengujicobakan mobil. Tujuan nya itu untuk mengetahui mobil dari pabrik mana yang dapat lebih cepat. Pabrik mobil tidak hanya dituntut untuk mengembangkan sebuah mobil saja, melainkan harus selalu terupgrade tenaganya agar mobil tersebut dapat bisa memiliki kecepatan yang maksimal.

Ada history yang menuliskan, ada seseorang yang bernama Emile Levassor yang pada saat itu mpo slot memimpin sebuah kelompok penyelenggaraan adu cepat mobil ini.

Mobil Balap Pertama Kali yang Ada di Dunia

Orang yang Memiliki Toko Mesin yang Terbesar

Levassor merupakan salah satu orang yang memiliki sebuah toko mesin yang paling terbesar di Paris pada tahun 1887. Bersamaan dengan temannya Edouard Sarazin, dia berhasil membuat sebuah mobil Jerman Daimler. Pada tahun 1891, Levassor telah memproduksi lagi mobil yang kali ini sangat berbeda dari yang sudah ada. Levassor ini menempatkan mobilnya berada di paling depan sasisnya. Antusiasme para warga yang berada di Paris terhadap mobil buatan nya ini dimanfaatkan untuk mengusulkan sebuah arena balap yang akan menguji coba dari kecepatan yang ada.

Ia mengusulkan arena balap start nya dari kota paris sampai menuju Bordeaux dan kembali lagi ke kota Paris. Pada lintasan tersebut memiliki jarak kisaran 1.176 kilometer. Karena jaraknya yang panjang inilah peserta yang mengikuti perlombaan ini harus menggunakan mesin mobil atau mobil yang sangat kuat. Pihak yang menyelenggarakan memulai dengan pengumuman ke seluruh penjuru negeri ini. Dengan cara menyebarkan pamflet perlombaan serta menyebarkan sebuah iklan perlombaan agar semua orang yang ada di negeri ini mengetahui balap mobil yang pertama ini.

Ada sebuah peraturan yang tertulis, ada pabrikan otomotif yang pada saat itu dilarang untuk mengikuti atau juga mengirimkan mobil nya ke arena balap yang bertujuan mengetahui dari tiap kecepatan mobil tersebut.

Emile Levassor & Panhard

Balapan Pertama Dunia

Pada tanggal 11 juni 1895, balap mobil yang pertama akhirnya dimulai. Sekitar ada 30 mobil yang mengikuti perlombaan ini dengan menggunakan mobil yang paling terbaiknya. Sebanyak 23 jenis dari kendaraan yang ada lalu diambil dari Versailles terdiri dari Steamer, Serpollet dan Bollees, Peugeot, Panhard, serta ada beberapa jenis mobil yang bertenaga listrik lainnya.pada perlombaan Paris-Bordeaux-Paris menyoroti sebuah keunggulan pada Perancis dalam teknologi otomotif pada saat itu berlangsung. Mobil Panhard yang pada saat itu dikendarai oleh Emile Levassor sudah tercatat menjadi mobil yang memimpin pada saat jalannya perlombaan tersebut.

Mobil Panhard ini memiliki kapasitas sekitar 1.205 cc yang berhasil menyusul para pembalap yang lainnya. Levassor memimpin balapan dan berhenti secara teratur untuk memeriksakan sebuah komponen mobilnya.

Mobil-mobil yang bertanding pada saat itu berjalan dengan kecepatan rata-ratanya itu 24 km/jam. Emile Levassor berhasil mengendarai mobilnya hingga ke garis finish dalam waktu 48 jam. Akan tetapi Emile Levassor saat itu gagal mendapatkan kemenangan dari balap mobil itu karena saat itu ada kesepakatan awal. Ia harus merelakan kemenangannya kepada pembalap yang bernama Paul Koechlin dengan mobil yang dikendarai nya berjenis Peugeot yang pada saat itu sampai ke garis finish pada urutan yang ketiga.

Koechlin ini menjadi pemenang karena pada saat itu mobil yang ia bawa menggunakan kursi untuk empat penumpang, dan mobil Levassor hanya memiliki kursi dua penumpang tidak sesuai dengan peraturan yang ada saat itu. Sembilan dari sepuluh mobil yang saat itu mengikuti balap mobil berhasil semua untuk mencapai garis finish. Pada keberhasilan ini lah yang mendorong pada penciptaan nya Automobile Club de France dan juga mendorong ke pengembangan kendaraan yang bermotor dan juga mengatur sebuah event olahraga motor untuk masa depan yang akan datang. 

Uniknya Balap Mobil ini Membutuhkan Waktu 2 Hari

Saat ini kita mengenal dunia balap mobil sebagai sebuah ajang olahraga yang begitu banyak yang menggemari di mana-mana. Ada banyak sekali jenis balap mobil yang kita kenal, mulainya dari balap mobil formula, NASCAR, reli, dan lain sebagainya. Secara history juga jenis balap mobil ini yang berawal mula akhir abad ke-19. Pada era tersebut itu lah yang pertama kali ajang balap mobil itu digelar. Otak dari di balik nya sebuah balapan ini adalah dua orang prancis. Kedua nya ini adalah seorang insinyur sekaligus juga seorang pebisnis yang memiliki toko otomotif. Mereka ini menggelar balap mobil untuk sarana mempromosikan bisnis nya tersebut, agar orang-orang dapat mengenal apa yang mereka jual dan mengetahui batasan maksimalnya seperti apa.

Balapan mobil yang pertama kali digelar tidak lama setelah mobil pertama itu berhasil dikembangkan. Sudah tercatat pengembangan mobil tersebut yang dilakukan oleh Jerman pada tahun 1880-an. Sementara itu balap mobil yang dijalankan oleh levassor dilakukan pada tahun 1895. Pada tanggal 13 juni 1895, ajang balap mobil pertama secara resmi dibuka, pada saat itu mobil hanya memiliki kecepatan maksimalnya hanya 20 km/jam. Sangat jauh berbeda dengan balapan yang masa kini yang mobilnya itu bisa menggunakan kecepatan maksimal nya itu lebih dari 300 km/jam. 

Mobil yang digunakan saat itu adalah mobil yang Daimler yang saat itu dijual oleh Levassor. Meskipun demikian ada yang dimodifikasi di bagian mesin tersebut yang mana levassor menggunakan mesin buatan mereka sendiri, sehingga laju nya semakin cepat.

Dalam balapan tersebut jarak yang harus para pembalap tempuh itu tidaklah dekat melainkan sangat jauh, yang harus diselesaikan dalam hitungan jam pada masa kini. Jarak antar titik ke suatu titik sekitar lebih dari 730 mil. Karena lambatnya kecepatan mobil tersebut maka membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 48 jam atau bisa dikatakan sekitar dua hari untuk mencapai finish. Selama itu juga para pembalap harus menempuh jarak dan juga trek yang sangat tidak bagus seperti bergelombang jarak tempuh yang jauh dan juga kecepatan mobil yang saat itu sangat berbeda sekali dengan yang sekarang.

Kalau kalian bayangkan dulu yang kecepatan nya seperti itu saja sudah dikatakan sangat cepat dan juga bisa mengikuti balap yang saat itu digelar bagaimana jika mobil itu masih digunakan pada era ini. Mungkin kecepatan ketika kita naik sepeda akan lebih cepat dengan kecepatan mobil yang dulu, tetapi itu dulu, semakin lama teknologi akan semakin canggih begitupun dengan perkembangan teknologi yang sekarang akan semakin meningkat dengan pesat.