Berbicara tentang sebuah balapan mobil, tentunya juga tidak akan lepas dengan yang namanya sirkuit balapan, atau arena yang digunakan untuk melangsungkan balapan mobil. Di sirkuit itulah biasanya dimana tempat bersejarahnya nantinya akan tercipta. Berbagai cerita menegangkan dan sebuah persaingan yang sengit untuk merebutkan sebuah gelar juara. Perjuangan atlet balap seperti halnya kekecewaan, kegembiraan bahkan sampai dalam kematian bisa saja terjadi di sirkuit balapan. Sirkuit sendiri bisa dibilang merupakan salah satu saksi bisu dari drama motorsport yang masih ada hingga saat ini, dan masih diperbincangkan banyak orang. 

Sirkuit Balap Mobil Paling Terkenal 

Bagaimana, anda sudah terbayang dengan sirkuit dan atmosfernya nya saat balapan sedang berlangsung?. Berbeda dengan kebanyakan orang lainnya sirkuit sendiri bukan hanya sebuah venue atau tempat diberlangsungkannya sebuah pertandingan. Sirkuit sendiri merupakan salah satu bagian dari sebuah balapan dari situs sbobet yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Para atlit sendiri beradu sekuat tenaga dalam menaklukan sirkuit, yang pastinya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan tangantan yang berbeda pastinya. Pemahaman tentang karakteristik sebuah sirkuit yang digunakan merupakan hal yang wajib dimiliki setiap atlet. Pemahaman tersebut berguna untuk dapat mengetahui dan tempat mereka akan bertarung nantinya. Setiap belokan, jalanan lurus, tanjakan tajam, tikungan tajam dan turunan adalah hal yang harus di jajal dengan performa yang baik yang dimiliki oleh seorang pembalap. 

Lalu bagaimana kan sirkuit mobil yang terbaik itu? 

Dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa sirkuit yang sangat terkenal di dunia balap mobil, sirkuit-sirkuit legendaris yang pernah digunakan oleh para pembalap terkenal. Sirkuit yang juga menjadi saksi kehebatan para atlet balap mobil yang mencetak sejarah. Berikut Sirkuit Balap Mobil Paling Legendaris Dunia.

Circuit de la Sarthe

Le Mans. pastinya anda sudah tau dan juga sudah tidak asing lagi dengan sirkuit ini. 24 Hours of Le Mans atau yang sering disingkat juga dengan nama Le Mans adalah suatu ajang balap mobil yang dimana pertandingan tersebut akan dilakukan secara non-stop dengan waktu 24 jam. Ya betul, pertandingan tersebut merupakan sebuah pertandingan balap dan juga sebuah pertandingan ketahanan atau endurance racing tertua yang ada di dunia yang sudah berlangsung  diadakan sejak 1923. Le Mans sendiri merupakan salah satu dari ajang motor sport kelas dunia yang dimana ajang tersebut sangat bergengsi. Sama seperti halnya dengan Monaco GP dan juga Indy 500, Le Mans sendiri termasuk ke dalam sebuah Triple Crown of Motorsport. Merupakan Tiga Mahkota Motor Sport yang juga merupakan sebuah prestasi dalam karir yang juga sangat membanggakan untuk setiap para pembalap mobil dalam kelas dunia.

Bisa bada bayangkan, balap mobil 1 atau 2 jam sudah dapat menguras tenaga dan juga keringat. Hal ini akan dilakukan selama 24 jam stop. Le Mans sendiri merupakan sebuah pertandingan yang menguji sebuah pembalap, mesin dan juga tim sampai pada masa limitnya. Selama kurang lebih 24 jam anda harus bersaing balapan kecepatan tinggi dan juga mesin mobil yang terus meraung-raung dan tim yang akan standby selama 24 jam. Menakjubkan. Selama puluhan tahun Le Mans telah banyak menginspirasi balapan kurang lebih 24 jam, sama juga lainnya di seluruh dunia. Sebut saja seperti halnya Daytona, Nürburgring, dan juga sirkuit Spa-Francorchamps. Kebayang pastinya akan sangat sakral dan prestisenya suatu ajang balap ini. 

Nah, Circuit de la Sarthe ini merupakan sebuah tempat kelahiran dari ajang balapan Le Mans. Sirkuit ini juga telah menjadi sebuah saksi drama Le Mans yang diadakan dari awal bahkan sampai sekarang. Bagaimana sebuah cerita perjuangan, sebuah kegembiraan, kekecewaan dan bahkan sampai kematian terjadi. Dengan sirkuit yang panjang 13,6 km, Circuit de la Sarthe juga merupakan salah satu dari sirkuit terpanjang yang ada di dunia di dunia. Belum ditambah juga dengan desainnya yang juga didominasi dengan lurusan panjang yang  menjadikannya tempat ini sebagai salah satu tempat untuk high speed racing. Bayangkan saja, di sana 85% dari waktu lap di sirkuit ini akan dihabiskan dengan full throttle yang alias gaspol! Benar-benar sebuah sirkuit yang akan menguji sebuah konsentrasi seorang pembalap dan juga  ketahanan mesin.

Suzuka

Sekarang saatnya kita mengulas sebuah sirkuit yang asalnya dari Asia,  yang dimana sirkuit ini berada di Jepang. Ya, Suzuka Pasti  anda yang gemar motorsport mungkin nama sirkuit ini juga sudah tidak asing lagi. Suzuka sendiri sudah menjadi langganan yang digunakan untuk balapan Formula 1 jadi namanya sudah tidak asing lagi. Tapi bukan hanya itu saja, sirkuit yang dimiliki oleh Honda ini juga sangat penuh dengan sebuh sejarah Sejak awal di bangun sirkut ini pada tahun 1962, Suzuka sendiri banyak sekali mengalami sebuah perubahan. Desain lintasannya juga merupakan figure 8 angka yang merupakan konfigurasi yang merupakan konfigurasi yang cukup jarang. Lintasan sirkuit yang mengalir dengan sangat baik. Perpaduan antara high speed dan juga berbagai belokan yang ada dalam sirkuit ini dan sangat bervariasi membuat sirkuit Suzuka termasuk menjadi salah satu sirkuit yang juga membuat fun to drive bagi para pembalap yang merasakan sirkuit ini. Sudah banyak juga sirkuit ini mendapat berbagai pujian mengenai sirkuit Suzuka, baik itu dalam hal mengenai layoutnya, sebuah karakteristiknya ataupun juga sebuah suasana kotanya.

Mulai dari pembalap[ Fernando Alonso, Sebastian Vettel, Nico Hulkenberg, Valtteri Bottas, sampai juga pembalap legendaris yaitu Ayrton Senna, sudah mencoba dan merasakan Suzuka. Sepertinya halnya sirkuit ini juga merupakan sirkuit yang paling banyak difavoritkan oleh para pembalap. Jadi tidak heran dan sudah jelas jika sirkuit Suzuka sendiri adalah salah satu sirkuit terbaik di dunia. Namun tidak hanya itu saja banyak juga sejarah yang terjadi di dalam sirkuit ini salah satunya adalah persaingan antara Ayrton Senna melawan Alain Prost. Atau juga pertandingan yang sangat dramatis pada tahun 1976 antara Niki Lauda dan juga James Hunt untuk dapat memperebutkan sebuah gelar juara dunia dalam Formula 1.

Kisah pembangunan dalam sirkuit ini juga ternyata memiliki sebuah cerita tersendiri. Awalnya Suzuka sendiri  akan dibangun diatas area yang datar  alias daerah yang biasanya digunakan untuk persawahan. Mengetahui hal tersebut, pada saat itu presiden dan founder Honda, Soichiro Honda pada saat itu menjadi geram dan pada saat itu tidak berkenan jika menghancurkan sawah untuk membangun sebuah sirkuit balap. Karena menurut Soichiro Honda sawah sama seperti makanan yang harus dihormati. Pada akhirnya ia membangaun sirkut tersebut di area pegunungan, dimana hal tersebut tidak akan mengganggu persawahan atau perkebunan. 

Itulah sirkuit mematikan di dunia yang sering digunakan sebagai tempat untuk melangsungkan balapan mobil, sirkuit yang selain terkenal dengan kesulitan juga ternyata menyimpan berbagai macam veriat serta keindahan alam.