Jika berbicara langsung mengenai adanya mobil balap, pasti tidak akan terlepas dari adanya ajang perlombaan, cewe-cewe cantik saat kemenangan, termasuk arena dari sirkuitnya yang kita nanti-nantikan seperti apa bentukannya dan seberapa panjang sirkuitnya. Nah, diantaranya sendiri masih banyak sirkuit internasional yang ada di dunia dan sudah disebut sebagai sirkuit balap paling legendaris yang pernah ada dalam ajang perlombaan mobil balap yang ada. Momen selanjutnya dari arena balap ini adalah hadirnya saling balap membalap pada tiap tikungan maupun tiap treknya yang lurus sekalipun itu. kehadiran dari sirkuit ini sendiri seallu membawa cerita dan cerita di dalam ajangnya tersebut.

Sirkuit bukan saja sebagai venue bagi berlangsungnya si pertandingan itu, melainkan juga sebagai salah satu bagian dari lahirnya perlombaan balap mobil ini. Hal ini di perkuat dari adanya sebuah ciri yang sudah khas sekali ada, yakni : memiliki tikungan tajam ( setajam di tikung kawan kah ?), adanya jalanan yang lurus ( tapi tidak selurus cintaku padanya ), ada yang berbelok ( bagaikan perasaan ku padanya belok kemana tau ), Tanjakan serta turunan ( kayak perasaan ya ) semuanya pasti hadir dalam setiap arena balap yang ada.

Nah, berikut ini kita akan membeberkan sedikitnya mengenai jalanan balap yang paling legendaris, gokil dan bener-bener panjang di dunia. Selengkapnya ada pada artikel di bawah ini.

SIRKUIT BALAP TERPANJANG DI DUNIA

# Sirkuit Nurburging – Jerman

Sirkuit ini menjadi salah satu sirkuit paling gokil dan sudah sangat legendaris di dunia. Hal ini di dukung langsung dari adanya sebuah alasan yang menyatakan bahwa Nurburging sendiri sirkuit yang benar-benar dianggap memiliki sebuah komposisi desain lintasan serta tantangan yang sangatlah komplit. Kurang lebihnya belokan yang ada pada sirkuit ini sekitar 154 belokan, dengan diisi oleh lebar jalanan yang terbilang sempit membuat sirkuitnya sangat susah untuk di taklukan. Secara menyeluruh lintasannya sendiri memiliki sebuah struktur elevasi yang dapat berubah-ubah dengan lintasannya sendiri tidaklah halus atau terasa seperti bumpy yang di tambahkan lagi adanya medan untuk tanjakan serta turunan jalanan.

Sirkuit ini disebut sebagai salahs atu sirkuit terpanjang di dunia, dengan panjang lintasan mencapai lebih dari 20km. Selain itu, memiliki banyak sekali karakter yang membuat si Nurburging ini jadi sirkuit yang sangat berbahaya di dunia. Jadi, tidaklah aneh jika disini mendapatkan sebuah julukan menjadi “The Green Hell “yang sudah sangatlah melekat sekali pada sirkuit yang berlokasikan langsung di Jerman. Walau terlihat asri dikarenakan banyak sekali pepohonan di sepanjang jalannya, akan tetapi siapapun yang coba berani-beraninya menjelajahi jalanan tersebut siap-siap akan menemui tempat penyiksaan layaknya di Hell. Pasalnya disini sudah banyak sekali terjadi kecelakaan yang menyebabkan beberapa korban meninggal dunia. Dari cerita yang ada, disini Niki terbakar dan mengalami luka bakar serius erta banyak sekali menghirup adanya sebuah gas gas beracun Yang membuatnya jadi unik sendiri ialah ketika 6 minggu pasca kecelakaan dirinya langsung bertanding yang mana sebelumnya kondisi masih sakit dan belum pulih secara total.

Dari adanya sirkuit ini, banyak sudah para produsen mobil mengambil area ini yang nantinya dijadikan sebagai ajang uji coba mobil. hal ini dimulai langsung daria danya mobil city car , sampai pada mobil sport lainnya yang memang performa dari mesin mobilnya sudah dicoba di sirkuit ini. semenjak dijadikan salah satu ajang uji coba, menjadikan tempat ini sebagai tolak ukur dari kehandalan yang dimiliki oleh mobil tersebut.

# Sirkuit Spa Francorchamps – Belgia

Jika ingin merasakan adanya sirkuit dengan jalanan seperti lekukannya rollescoster, maka kalian bisa datangi langsung nih sirkuit terpanjang yang ada di dunia. Walau tidak memiliki banyak sekali belokan sampai pada tikungan tajam, sirkuitnya mampu membuat para pembalap untuk melakukan flat out. Dikarenakan belokan yang dimiliki oleh sirkuitnya ini tidaklah tajam maka membuat dari para pengemudi pun tidak perlu mengangkat kaki lagi. Karakter pada kecepatannya inilah yang membuat tempat ini dijadikan sebagai sebuah sirkuit menjadi ajang dalam adu mental. Kecepatan tinggi pada sirkuit ini sering kali muncul dan kebanyakan dari belokan pada sirkuitnya ini kurang lebih bisa mencapai 290km/jam nya yang sudah pasti, dengan angka segitu kalian sendiri yang memberikan nyawa pada sirkuit spa franchorchmps.

Belokan di sirkuitnya yang mampu menarik perhatian bernamakan Eau Rouge. Sekelas dari Fernandos Alonso saja bisa mengatakan bahwa belokan paling seram dan indah itu ya Eau Rouge. kalian akan menghadapi yang namanya belokan tajam dengan menanjak sangat cepat sampai elevasinya itu sebesar 40,8 m. Angka segitu udah setara banget sama tingginya dari gedung yang tingkatannya itu 12 namun diisi lagi dengan tumpukan 28 mobil yang ada. Bener-bener buat spot jantung nih. Memiliki kesamaan juga pada sirkuit yang ada di Jerman tadi yakni Nurburgring mencapai kecepatan yang tinggi dan juga sering kali memakan banyaknya korban. hal ini telah tercatat langsung di tahun 1960 adanya 2 pembalap pada formula F1 yang bernama Chris Bristow serta dengan Alan Staceymeninggal dunia hanya dalam jangkaan waktu kurang lebihnya di angka 15 menit.

# Sirkuit De Monaco – Monako

Walau negara ini sendiri menjadi negara terkecil , akan tetapi tetap saja memiliki sirkuit legendaris di dunia. Uniknya dari jalanan ini bukan sengaja di bangun sebagai salah satu jalanan sirkuit untuk para pembalap F1 yang ada, akan tetapi sirkuitnya ini sendiri hanya menggunakan jalanan umum yang sudah disulap langsung menjadi sirkuit balap. Dari sumber yang beredar salah satunya dari situs intersport.id , memberitahukan adanya proses dari persiapan dan juga pembuatan dari sirkuit ini sendiri sudah memakan waktu sekitar 6 minggu atau kurang lebihnya 1 bulan lewat 2 minggu ya ges. Jika sebelumnya ada dikelilingi oleh pepohonan saja , untuk sirkuit ini sendiri diisi oleh adanya banyak pemukiman di sekelilingnya.

Sirkuit ini sendiri banyak sekali Tanjakan, Turunan, Tikungan dan lain sebagainya. Selain itu, sirkuit yang di tampilkan juga sangat sempit. Selain itu, jalanan ini secara umum di bilangnya sebagai salah satu jalanan yang paling kurang aman bagi para pembalap mobil F1 di dunia. Dari sirkuitnya sendiri saja pada bagian belokannya mencapai di 48km/jam dengan belokan yang cepatnya di angka 260km/jam nya. Sirkuitnya juga sangat unik karena memiliki terowongan paling terkenal yang diisi langsung oleh adanya raungan mobil balap di sana. Dari sirkuitnya sendiri harus membuat si pembalap tidak melakukan kesalahan sekecil apapun itu. Pasalnya, tembok pembantas yang sudah cenderung dekat ini dikarenakan jalanan yang lebar dan juga sempita yang tidak memberikan sebuah peluang tersendiri

itu tadi sedikitnya ada jalanan atau sirkuit balap mobil yang memang sudah melegenda dan gokil lagi karena panjangnya bikin geleng kepala deh!!